Selamat Datang di Blog saya . Semoga informasi yang ada di Blog ini Bermanfaat . Terima Kasih .

Definisi Kabel Jaringan Twisted Pair

Hallo. Bertemu lagi dengan saya Eka Teddy Budhana Gotama . di sini saya akan membahas postingan yang berjudul " Definisi Kabel Jaringan Twisted Pair " . Baik kita simak .

Gambar-Definisi-Kabel-Twisted-Pair
Secara harfiah, pengertian Twisted Pair jika dialih-bahasakan ke dalam bahasa Indonesia yakni kabel pasangan berpilin atau berbelit. Julukan tersebut muncul dari bentuk fisik kabel Twisted Pair itu sendiri, yang jika digambarkan dengan lebih spesifik maka membentuk sebuah definisi sebagai berikut :
Pengertian kabel Twisted Pair yaitu sebuah kabel yang terdiri dari beberapa dawai kawat tembaga yang digabungkan menjadi satu dengan cara dipilin atau dibelit enam kali per-inchi membentuk spiral.
Sementara jika dipandang dari segi fungsinya sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer, definisi kabel Twisted Pair adalah sebagai berikut :
Kabel jaringan Twisted Pair adalah suatu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer.
Jika Anda bertanya kenapa kabel jaringan Twisted Pair harus dipilin ? Jawabannya yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik, serta memberikan impedensi tambahan atau kemampuan pertahanan listrik yang konsisten, kemampuan pertahanan terhadap derau (noise) dan segala macam gangguan lain yang bisa saja terjadi seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung, dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan ataupun dari luar.

KARAKTERISTIK KABEL JARINGAN TWISTED PAIR

Karakteristik kabel jaringan Twisted Pair yakni menggunakan beberapa kawat tembaga yang saling berpilin (dibelit) dengan pasangannya, dan tiap-tiap kawat tembaga dilapisi oleh isolator yang memiliki warna berbeda.
Gambar-Karakteristik-Kabel-Twisted-Pair
Struktur Komponen Dasar Kabel Twisted Pair
Untuk lebih jelasnya, karakter kabel jaringan Twisted Pair dapat dijelaskan dengan menggunakan gambar sederhana di atas. Dari gambar tersebut dapat dilihat jika kabel jaringan Twisted Pair terdiri dari :
  • Conductor
    Conductor merupakan kawat tembaga yang terletak di tengah-tengah dan berfungsi sebagai media konduktor listrik.
  • Insulator
    Tiap-tiap kawat tembaga dilapisi oleh insulator yang memiliki warna berbeda, dimana fungsi lapisan yang satu ini adalah untuk melindungi kawat tembaga agar tidak bersentuhan langsung dengan kawat tembaga lainnya saat dipilin.
  • Cable Jacket
    Di bagian paling luar, terdapat cable jacket yang berfungsi sebagai pelindung kabel Twisted Pair itu sendiri terhadap gangguan dari luar.
Selain tiga komponen di atas, karakteristik kabel jaringan Twisted Pair secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
  • Bagian dalam kabel jaringan Twisted Pair terdiri dari dua kawat tembaga yang dibagi menjadi 8 dawai dan dikelompokkan lagi menjadi 4 pasang (pair), lalu dipilin menjadi satu.
  • Kabel jaringan Twisted Pair memiliki kecepatan transmisi 10-100Mbps.
  • Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
  • Kabel jaringan Twisted Pair hanya bisa menangani satu kanal data (yang bekerja pada baseband).
  • Instalasi jaringan komputer menggunakan kabel Twisted Pair membutuhkan sebuah hub untuk membangun sebuah LAN yang baik.
  • Media dan ukuran konektor kecil.
  • Konektor kabel jaringan Twisted Pair biasanya menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45 untuk koneksinya.
  • Pemeliharaan kabel jaringan Twisted Pair terkenal mudah.
  • Kerusakan yang terjadi pada salah satu saluran kabel jaringan Twisted Pair tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan.

JENIS -JENIS KABEL JARINGAN TWISTED PAIR

Gambar-Jenis-Jenis-Kabel-Jaringan-Twisted-Pair
Dalam penerapannya sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer, kabel Twisted Pair ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu kabel UTP, kabel FTP dan kabel STP. Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing jenis kabel Twisted Pair tersebut :

1. Unshielded Twisted Pair (UTP)

Ini merupakan kabel jaringan Twisted Pair yang bagian dalamnya terdiri dari 4 pasang (pair) kabel tembaga, yang mana tiap pair-nya dipilin (twisted) saling berlilitan sehingga membentuk sebuah pola berbentuk spiral. Jenis kabel jaringan Twisted Pair yang satu ini tidak memiliki pelindung (unshilded) sehingga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.
Untuk bisa digunakan sebagai bagian dari perangkat keras jaringan komputer, kabel jaringan Twisted Pair yang populer dengan nama UTP ini harus dikawinkan dengan konektor 8P8C yang biasa disebut istilah RJ-45 (RJ=register Jack).
Kabel UTP ini merupakan jenis kabel Twisted Pair yang paling populer di kalangan pengguna jaringan LAN (Local Area Network) karena dikenal punya sederet kelebihan mulai dari harganya yang murah dan proses instalasi yang terbilang mudah.

2. Foiled Twisted Pair (FTP)

Tak berbeda jauh dengan Unshielded Twisted Pair (UTP), jenis kabel jaringan Twisted Pair yang satu ini juga terdiri dari 4 pasang (pair) kabel tembaga, yang mana tiap pair-nya dipilin (twisted) saling berlilitan sehingga membentuk sebuah pola berbentuk spiral. Hanya kabel yang juga dikenal dengan nama S/UTP ini menggunakan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah karet luar untuk melindungi isolator sehingga kabel jaringan FTP lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.

3. Shielded Twisted Pair (STP)

Bisa dibilang ini merupakan jenis kabel jaringan Twisted Pair yang paling sempurna dibanding 2 kabel Twisted Pair lainnya seperti UTP maupun FTP. Pasalnya meskipun secara umum kabel jaringan STP memiliki susunan kabel yang sama dengan UTP dan FTP, namun terdapat perbedaan material dan bahan pembungkus yang digunakan sehingga kabel jaringan STP lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.
Selain itu, aplikasi penggunaan lapisan aluminium foil pada kabel STP ini juga dibuat lebih spesifik, yakni tidak hanya dipasang di bawah karet luar saja melainkan dipasang di setiap pasang kabel sehingga kemampuannya bertahan terhadap gangguan dari luar juga terbilang lebih baik. Untuk bisa digunakan sebagai bagian dari perangkat keras jaringan komputer, kabel jaringan Twisted Pair yang populer dengan nama STP ini harus dikawinkan dengan konektor RJ-11 (RJ=register Jack).

KELEBIHAN & KEKURANGAN KABEL JARINGAN TWISTED PAIR

Gambar-Kabel-Jaringan-UTP-pada-Jaringan-Komputer
Jika dibandingkan dengan beberapa kabel jaringan komputer lainnya seperti kabel Coaxial ataupun Fiber Optic, tentunya kabel jaringan Twisted Pair memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari kabel jaringan Twisted Pair, berikut ini kami jabarkan beberapa diantaranya :

Kelebihan Kabel Jaringan Twisted Pair :

  • Instalasi kabel jaringan Twisted Pair cukup mudah alias tidak rumit karena tidak dibutuhkan peralatan khusus.
  • Pemeliharaan kabel jaringan Twisted Pair terkenal mudah dan biaya-nya pun murah.
  • Ukuran kabel jaringan Twisted Pair terbilang kecil sehingga cukup fleksibel.
  • Kerusakan yang terjadi pada salah satu saluran kabel jaringan Twisted Pair tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan.
  • Salah satu jenis kabel jaringan Twisted Pair yakni UTP dijual dengan harga yang lebih murah dibanding kabel jaringan lainnya.
  • Khusus untuk kabel jaringan Twisted Pair jenis FTP dan STP mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.

Kekurangan Kabel Jaringan Twisted Pair :

  • Jarak jangkau kabel jaringan Twisted Pair hanya 100 m sehingga kurang bisa diandalkan untuk jaringan besar.
  • Kecepatan transmisi kabel jaringan Twisted Pair relatif terbatas.
  • Adanya kemungkinan dapat dengan mudah disadap.
  • Salah satu jenis kabel Twisted Pair yakni UTP cukup rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik dan mudah terpengaruh noise (gangguan).
  • Salah satu jenis kabel jaringan Twisted Pair yakni STP dijual dengan harga yang relatif mahal.

Sumber : http://teknodaily.com/definisi-dan-berbagai-tipe-kabel-jaringan-twisted-pair/

0 Response to "Definisi Kabel Jaringan Twisted Pair"

Posting Komentar