Selamat Datang di Blog saya . Semoga informasi yang ada di Blog ini Bermanfaat . Terima Kasih .

MEDIA PENYIMPANAN KOMPUTER

1. RAM adalah (Random Access Memory) Memori tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak/random.
RAM
Gb. 7 RAM
Fungsi RAM mempercepat pemrosesan data yang ada di dalam komputer. Semakin besar RAM yang ada di sebuah Komputer, maka semakin cepat proses di dalam Komputer tersebut.
Jenis-jenis RAM
  1. RAM (Dynamic RAM) adalah Jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.
  2. SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah Jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM dan telah disinkronisasi oleh clock sistem serta memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari DRAM.
  3. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah Jenis memori yang lebih cepat dan lebih mahal dari SDRAM.
  4. SRAM (Static RAM) adalah Jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran dari CPU agar data yang ada di dalamnya tetap tersimpan dengan baik.
  5. EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah Jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan pentium. 
2. FDD adalah (Floppy Disk Drive)  Perangkat penyimpanan yang membaca dan menulis informasi ke dalam Floppy Disk, menyimpan data, serta menjalankan sistem operasi.
FDD
Gb. 8 FDD
Fungsi FDD menyimpan data dengan memori yang sangat terbatas dengan hanya 1.44Mb saja.
Komponen Floppy Disk Drive
  1. Write-Protectab
  2. Hub
  3. Shutter
  4. Plactic Housing
  5. Paper Ring
  6. Magnetic Disk
  7. Disk Sector
3. HD adalah Harddisk Komponen perangkat keras bekerja secara sistematis yang menyimpan data sekunder dan berisi sebuah piringan magnetis.
Harddisk
Gb. 9 Harddisk
Fungsi Harddisk secara umum ialah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan pada suatu pernagkat Komputer/Laptop.
Jenis-jenis Harddisk
  1. ATA (IDE, EIDE) - Harddisk tipe IDE (Integrated Device Electronics) ini menggunakan port IDE dan memiliki standar kecepatan transfer data sebesar 133 MB untuk setiap detiknya.
  2. Serial ATA (SATA) - Harddisk tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment) ini menggunakan port SATA. Harddisk tipe ini memiliki kecepatan transfer data sebesar 150 MB setiap detiknya.
  3. SCSI (Small Computer System Interface) - Harddisk tipe SCSI (Small Computer System Informasi) ini ada penambahan kartu controller untuk pengolah data sebagai eksternal controller yang ditanamkan pada slot bus PCI/ISA.
  4. Harddisk tipe USB/External Harddisk.
4. Optical Drive adalah perangkat keras yang menyimpan data menggunakan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan dilakukan dengan teknologi optik.
Optical Dirve
Gb. 10 Optical Drive
Fungsi Optical Drive adalah melakukan berbagai macam tugas seperti membaca data di dalam komputer dan mendengarkan audio burning CD serta menginstall drive, dsb.
Jenis-jenis Optical Drive
  1. CD ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah alat yang digunakan hanya untuk sekedar membaca Compact Disk.
  2. CD RW adalah suatu alat yang mampu menulis dan membaca isi kepingan CD.
  3. DVD ROM berfungsi untuk membaca DVD dan dapat membaca CD yang bisa dibaca pada CD ROM.
  4. DVD Combo memiliki kemampuan untuk membaca keping dari CD & DVD juga dapat menulis keping CD akan tetapi pada DVD tidak bisa untuk menulis.
  5. DVD RW dapat membaca format CD & DVD juga dapat untuk menyimpan data CD & DVD.
  6. CD/DVD Duplikator suatu teknologi murah yang dapat menggandakan sejumlah CD/DVD bagi para penggunanya.
 Sumber : http://www.habibullahurl.com/2014/10/jenis-macam-processor-dan-media-penyimpanan-komputer.html

0 Response to " MEDIA PENYIMPANAN KOMPUTER"

Posting Komentar