Selamat Datang di Blog saya . Semoga informasi yang ada di Blog ini Bermanfaat . Terima Kasih .

Tabel Excel

Berikut Contoh Tabel Excel saya : 


  1.  Fungsi Vlookup dan Hlookup
Format penulisan atau syntax dari vlookup dan hlookup yaitu sebagai berikut ini :
vlookup(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
hlookup(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])

Keterangan Fungsi Referensi:

lookup_value :
sebagai nilai patokan awal untuk menentukan nilai dari tabel referensi (bisa diisi dengan string atau teks)
table_array :
Tabel yang akan dijadikan sebagai referensi untuk pencarian nilai.
col_index_num :
Nomor Urutan kolom data (pada fungsi Vlookup) yang akan diambil nilainya (diisi dengan angka)
row_index_num :
Nomor Urutan baris data (pada fungsi Hlookup) yang akan diambil nilainya (diisi dengan angka)
[range_lookup] (opsional) :
Menentukan bentuk pencarian, apakah ingin melakukan bentuk pencarian kecocokan tepat sama atau pencarian kecocokan yang mendekati. [range_lookup] diisi dengan nilai logika TRUE atau FALSE. TRUE untuk nilai pencarian dengan kecocokan yang mendekati sedangkan nilai FALSE untuk bentuk pencarian dengan kecocokan yang tepat sama. Jika [range_lookup] tidak diisi maka secara otomatis akan dilakukan bentuk pencarian dengan kecocokan yang mendekati.

     2. Fungsi Countif

Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah rentang sel yang digunakan berdasarkan satu kriteria yang di tentukan atau kriteria tunggal.

Sintaks Fungsi Countif

COUNTIF(range, criteria)

  • range merupakan rentang sel yang akan dihitung jumlah sel yang digunakan.
  • criteria merupakan nilai yang akan dicocokkan untuk dihitung pada range yang dipilih


Berikut ini adalah ilustrasi penggunaan fungsi countif seperti pada contoh gambar fungsi countif 1 dibawah ini.

Pada gambar dibawah ini terdapat sebuah tabel data penjualan dengan rentang sel A1:E10, tabel tersebut terdiri dari :

  • Lokasi penjualan pada kolom A
  • Kode barang pada kolom B
  • Jumlah penjualan pada kolom C
  • Harga jual pada kolom D
  • Total penjualan pada kolom E
Dari data pada tabel dibawah ini, akan dicari jumlah sel yang digunakan berdasarkan range yang ditentukan yaitu :
  1. Pada sel B14 akan dihitung jumlah sel yang digunakan pada array B2:B10 dengan kriteria mengacu kepada sel A14 (Item 1).
  2. Pada sel B15 akan dihitung jumlah sel yang digunakan pada array B2:B10 dengan kriteria "item 2".
  3. Pada sel B16 akan dihitung jumlah sel yang digunakan pada array B2:B10 dengan mengacu kepada sel A16.
fungsi countif pada excel
Fungsi Countif 1

Dengan menggunakan fungsi countif dapat dilihat contoh hasil yang didapat sebagai berikut :
  • =COUNTIF(B2:B10,A13) Pada sel B14 
    • Jumlah sel yang terdapat nilai Item 1 (A13) pada rentang sel B2:B10 adalah 2 buah sel yaitu B2 dan B3.
  • =COUNTIF(B2:B10,"Item 2") Pada sel B15 
    • Jumlah sel yang terdapat nilai Item 2 pada rentang sel B2:B10 adalah 3 buah sel yaitu sel B4, B5, dan B6.
  • =COUNTIF(B2:B10,A16) Pada sel B16 
    • sama dengan rumus pertama diatas
       3. Rumus IF
If merupakan suatu kode yang digunakan untuk menyatak suatu kondisi. Biasa nya if diiringi dengan jawaban true atau false atau juga biasa diiringi denan kalimat yang menyatakan benar ataupun salahnya suatu kondisi yang diyatakan oleh if.
Sehingga dengan menggunakan rumus logical test akan papat membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.
Berikut conot dalam penggunaan if didalam Mc Office Exel :

1. Langkah pertama anda dapat membuka program Microsoft excel, baik yang sudah memiliki data atau anda dapat membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak lulus.
2. Setelah itu anda dapat memasukan rumus logika, misalnya akan menerapkan suatau kondisi dimana siswa yang mendapatkan nilai diatas 7 maka dinyatakan ‘LULUS’ sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah 7 maka dinyatakan ‘TIDAK LULUS’, maka untuk permasalahan seperti itu anda dapat membuat contoh logika simpel =IF(D3>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel
Belajar Mc Office Exel
3. Sedangkan apabila anda memiliki dua data, misalnya saja pada laporan elajar siswa, yang didalam laporan terdapat dua nilai, yaitu nilai UTS dan nialai UAS, dan anda ingin mencari nilai rata – rata niali tersebut dan yang memiliki niali rata – rata diatas 7 dinyatakan lulus. Maka anda dapat menggunakan rumus seperti ini =IF((D3+E3)/2>=69,”LULUS”,”TIDAK LULUS”
Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel
Belajar Mc Office Exel
Dengan memahami fungsi rumus IF maka anda dapat memulai mengerjakan hal lain yang ternyata pas jika diterapkan dengan rumus seperti ini sehingga membantu anda dalam pengoperasian yang lebih cepat.

      4. Rank
1. Anda operasikan terlebih dahulu Ms. Excelnya
2. Kemudian, sebagai contoh coba anda ketikan data seperti berikut :
clip_image002
3. Setelah anda ketikan datanya, maka langkah selanjutnya kita akan mencari siapa yang juara yang paling pertama dan siapa yang juara terakhir. Nah pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan rumus RANK.
rumusnya seperti berikut =Rank(Number;ref;order)
Penjelasan
=Rank yaitu rumus yang diberikan oleh excel untuk mencari ranking
  • Number yaitu nilai yang akan kita bandingkan
  • Ref yaitu nilai pembandingnya
  • Order yaitu pengurutan secara ascending atau descending
             0 = descending
             1 = ascending
Nah berarti rumusnya bisa kita dapatkan sebagai berikut, coba anda ketikan rumus berikut ini :
= RANK($A$2:$A$9;$A$2:$A$9;0)
clip_image004
Maka kita sudah bisa mengetahui siapa yang ranking 1 dan siapa yang ranking terakhir
clip_image006
Ok. Sekian tutorial dari saya
Semoga bermanfaat untuk anda


Sumber : http://www.cyberschool.technosold.com/2011/12/cara-mencari-ranking-dengan-ms-excel.html

http://tutorialmicrosoftexcel.net/contoh-mudah-menggunakan-fungsi-vlookup-dan-hlookup/

http://rumus-fungsi-excel.blogspot.com/2015/04/fungsi-countif-dan-countifs-di-excel.html

http://monthlytech.com/cara-penggunaan-rumus-fungsi-if-di-microsoft-excel/


0 Response to "Tabel Excel"

Posting Komentar