Assalamu’alaikum…
Dalam
pembahasan kali ini, saya ingin coba membahas tentang Cara Membuat Animasi Bola Dapat Memantul Menggunakan Aplikasi Blender.
Oke deh langsung saja ya disimak.. :
1. pastinya
sobat harus membuka Aplikasi Blender terlebih dahulu.
2. setelah
aplikasi blender-nya terbuka, maka akan seperti gambar dibawah :
Pada gambar diatas terlihat pada
properties-nya terdapat Render, Animation, dan Play.
(lihat yang dikotakkan merah), fungsi dari ke-3 nya
adalah :
Render : untuk memper-indah tampilan object yang kita buat,
untuk lebih cepatnya tekan F12 pada keyboard.
Animation : untuk memperindah object yang telah dibuat menjadi
animasi yang dapat bergerak, untuk lebih cepatnya tekan ctrl + F12 pada
keyboard.
Play : agar dapat melihat object tersebut menjadi animasi
yang indah.
untuk lebih jelasnya, lihat gambar
dibawah :
3. oke
saatnya kita membuat animasinya.. disini saya akan membuat Animasi Bola
Memantul dari Lantai mengenai dinding. Maka yang kita butuhkan adalah 1 Cube
(untuk membuat tembok), 1 Plane (untuk membuat lantai), dan 1 UV-Sphere (untuk
membuat bola).
masih pada lembar kerja yang tadi
telah dibuka. Pada lembar kerja yang sudah ada 1 Cube, kita tambahkan Plane,
caranya tekan shift + a pada
keyboard – pilih Mesh – pilih Plane.
Pada Plane tersebut kita atur
Ukurannya menggunakan s pada
keyboard. Dan atur sesukanya.
NB : s+y atau s+x atau s+z dan gunakan pula mouse, sesuaikan saja
dengan Sumbu X,Y, atau Z untuk hasil yang memuaskan.
Setelah tadi sobat atur, maka saya ilustrasikan
seperti gambar dibawah :
4. lalu
langkah yang selanjutnya adalah kita membuat tembok dengan Cube yang telah
tersedia. Caranya, seleksi Cube tersebut
dengan menggunakan Klik Kanan Mouse,
dan tekan s pada keyboard, atur
tipis, lebar, panjang, dan ke-sejajarannya, agar terlihat lebih indah.
NB : s+y atau s+x atau s+z dan gunakan pula mouse, sesuaikan saja
dengan Sumbu X,Y, atau Z untuk hasil yang memuaskan.
Saya contohkan seperti gambar dibawah
:
5. setelah
itu kita buat Bolanya menggunakan UV-Sphere. Dengan cara shift + a – Mesh – UV-Sphere. Lalu atur letaknya dan besar kecilnya
dengan menekan tombol s pada
keyboard.
Maka akan menampilkan gambar :
6. Langkah
selanjutnya adalah lihat pada bagian Properties (sebelah kanan). Ubah :
Display :
Full Screen
Dimensions : HDV 1080p
Resolution : X = 720,
Y = 720
Frame Rate : 24
Ceklist pada
Stamp
Output :
simpan terserah sobat (saya simpan di Desktop)
Format File : AVI Raw
7. Setalah
itu kita buat step by step hingga bola tersebut seperti terpantul. Caranya : seleksi bola tersebut, tekan i lalu o pada keyboard
Setelah itu atur/pindahkan garis hijau pada Frame,
seperti gambar dibawah :
NB : seleksi
bolanya terlebih dahulu – (tekan i – o) – baru atur garis hijau pada frame, dan
begitu seterusnya.
Hingga sampai frame 250.. kreasikan
imajinasi sobat hingga membentuk bola tersebut seakan akan memantul. Saya
contohkan seperti pada gambar dibawah :
Setelah itu coba Play, dan jika
berhasil bola tersebut akan bergerak memantul.
8. Setelah
sobat play dan yakin hasilnya sudah dapat di render dengan cara klik Animation pada properties, atau dengan
menekan tombol ctrl+F12 pada
keyboard. Lihat gambar dibawah :
Jika sudah selesai File Video-nya
akan tersimpan di desktop, dengan nama (0001-0250)
9. langkah selanjutnya adalah langkah untuk
pemberian texture/pemberian agar
object tersebut terlihat seperti aslinya. Disini saya hanya memberikan gambar
(seperti diimport gitu) dan akan memberikan texture lantai, tembok dan bola
basket.
Sebelum memberikan texture-nya, kita
pindahkan dulu tampilannya ke Object
Mode. (tekan Tab pada keyboard). Setelah masuk ke Object Mode – seleksi pada bagian Cube (yang tegak berdiri).
Lalu pindahkan lagi ke Edit Mode dengan menekan tombol Tab.
9.1 . Setelah itu klik material
– New – Diffuse (pilih warna sesukanya) – lalau ceklist pada Transparency. Lihat selengkapnya pada
gambar dibawah.
9.2 . setelah itu kita atur pada Texture-nya.
Caranya klik Texture – New – pilih Type (Image or Movie) –
pilih Image (open) dan cari file
gambar yang sobat inginkan – lalu pilih pada Coordinates (UV).
Unntuk File gambarnya, Saya telah
berikan dalam 1 folder tutorial ini. Silahkan sobat pilih sendiri.
9.3
. setelah itu pada pada layar sebelah
kanan klik Display Current Editor
pilih UV/Image Editor – pilih pada Browse Image to be linked (file yang
tadi sobat telah pilih) – dan pada layar sebelah kiri tekan u pada keyboard (pilih Unwrap).
Lebih jelasnya lihat kangkah-langkah pada gambar
dibawah :
Setelah langkahnya sudah benar, dan
sobat tekan f12 akan terlihat gambar
tembok seperti gambar dibawah :
10. Begitu
pula untuk membuat lantai ikuti langkah ke-9 hingga ke 9.3.
NB : open file, dan cari pada folder ini, yang bernama (Lantai 1.jpg), seperti dibawah :
Untuk melihatnya tekan F12 pada keyboard untuk merender.
11. setelah
itu yang terakhir memberikan texture pada bola basketnya. Caranya hampir sama
seperti pada langkah 9 – 9.3 .
NB : open file, dan cari pada folder ini, yang bernama (Bola Basket.jpg), seperti dibawah :
Pilih Coordinates nya tetap Generated.
12. sobat
juga bisa memberikannya efek dengan cara klik particles – klik tanda plus
(+), dan akan seperti gambar :
13. setelah
pemberian texture dan efek selesai, sekarang saatnya kita rendering animasi
dengan menekan tombol ctrl+F12 pada
keyboard.
Maka hasilnya akan seperti gambar :
Jika Proses rendering tersebut telah
selesai, hasil video-nya bisa terlihat di desktop sobat. Dengan nama 0001-0250.
Setelah hasil render-annya telah
selesai, sobat mainkan lagi dengan aplikasi pemutar video yang ada di PC/Laptop
sobat. Saya contohkan seperti gambar :
Mohon maaf apabila ada kata yang salah dan kurang berkenan dari
pembahasan ini. Semoga bermanfaat.. ^^ terima kasih..
Wassalamu’alaikum…
0 Response to "Cara Membuat Animasi Bola Memantul Lantai dan Tembok Menggunakan Aplikasi Blender 3D "
Posting Komentar