Selamat Datang di Blog saya . Semoga informasi yang ada di Blog ini Bermanfaat . Terima Kasih .

PING , Topologi Jaringan , ARP

Nama : Eka Teddy Budhana Gotama
Kelas  : XII – TKJ 2
Absen : 10
Tugas Pak Rokhib
1. PING

Ping Memakai Protokol ICMP ( Internet Control Message Protocol ) .

ICMP Adalah Suatu Protokol yang bertugas mengirimkan pesan – pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus . Pesan / Paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya ( TCP / UDP ) .
Pada Kondisi Normal , Protokol IP Berjalan dengan baik , Namun ada beberapa kondisi dimana koneksi IP Terganggu . Misalnya karena router crash , Putusnya kabel , atau matinya host tujuan . Pada saat ini ICMP membantu menstabilkan kondisi jaringan , dengan memberikan pesan – pesan tertentu sebagai respon atas kondisi tertentu yang terjadi pada jaringan tersebut .

Contoh : Hubungan antar router A dan B mengalami masalah , Maka Router A Secara otomatis akan mengirimkan paket ICMP Destination Unreachable ke host pengirim paket yang berusaha melewati host B menuju tujuannya . Dengan adanya pemberitahuan ini maka host tujuan tidak akan terus menerus berusaha mengirimkan paketnya melewati Router B .

ICMP ini Berjalan Di OSI Layer Pada Lapisan 3 / Network .

2. Macam Macam Topologi dan Interface Yang Digunakan
Topologi Dibagi menjadi 2 , Yaitu :
A. Topologi Fisik : Struktur / Rangkaian dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan di desain .
B. Topologi Logic : Topologi yang menggambarkan hubungan secara logika yang terjadi pada masing masing komputer dalam jaringan .

Jenis Jenis Topologi Fisik Ada 7 Yaitu :
1. Topologi Bus
2. Topologi Star
3. Topologi Ring
4. Topologi Extended Star
5. Topologi Mesh
6. Topologi Hybrid
7. Topologi Hierarkikal

Jenis Jenis Topologi Logic Ada 5 Yaitu :
1. Ethernet
Ethernet sekarang ini paling banyak digunakan oleh seluruh umat manusia. Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD ( Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection ). Sistem ini dapat memperhatikan setiap komputer kedalam kabel dari network sebelum mengirimkan data ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas, komputer akan mentransmisikan data. Jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi ketika jaringan telah kosong. Jika ada dua buah komputer melakukan transmisi pada saat bersamaan, maka komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. Metode ini disebut dengan koalisi, yang tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari network.

Ethernet dapat digunakan pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon. Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, coaxsial, ataupun kabel fiber optik pada kecepatan 10 Mbps - 100Mbps dan terus berkembang sampai 1Gbps.

Ethernet
Keuntungan dari Ethernet :

·                     Kecepatan mengirim data mecapai 100Mbps-1Gbps.
·                     Cukup sederhana.
·                     Mudah dalam menggunakannya.

Kerugian dari Ethernet :

·                     Sering terjadi tabrakan data pada saat menggunakannya.
·                     Jika pemakainya ramai, maka kecepatanya pun melambat.

2. Token Ring
Token Ring dikembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Hubungan komputer pada token berbentuk seperti cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar seperti lingkaran pada sebuah jaringan dari satu komputer menuju ke komputer yang lain. Jika pada persinggahan disalah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ketempat dimana data itu ingin ditujukan, dan token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.

Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optik yang dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.

Token Ring

Keuntungan dari Token Ring :

·                     Menggunakan Token Passing untuk menghindari tabrakan data.
·                     Kecepatannya mencapai 16 Mbps.
·                     Menggunakan kabel fiber optik.
Kerugian dari Token Ring :

·                     Jika terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
·                     Biaya mahal.

3. Local Talk
Local talk merupakan jaringan yang dikembangkan pertama kali oleh Apple Computer Inc untuk komputer macintos. Metode yang digunakan oleh jaringan Local Talk disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Lokal talk menggunakan kabel TP khusus yang digunakan untuk menghubungkan sederetan komputer melalui port serial dengan kecepatan yang bisa didapat hanya 230 Kbps.

Local Talk
Keuntungan dari Local Talk :

·                     Kecepatan hanya 230 Kbps.
·                     Menggunakan kabel TP khusus.

Kerugian dari Local Talk :

·                     Lambat dalam mengakses.
·                     Sering terjadi tabrakana data.

4. FDDI ( Fiber Distributed Data Interface )
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh . Metode yang digunakan oleh FDDI adalah model token ring. FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi biasanya menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara otomatis menggunakan ring yang kedua. 

Kecepatan FDDI dengan menggunakan fiber optik kabel mencapai 100 Mbps. FDDI dapat menghubungkan sampai 500 terminal dengan jarak maksimum 2 km.

FDDI ( Fiber Distributed Data Interface )
Keuntungan dari FDDI :

·                     Menggunakan dua buah topologi ring dalam proses transmisi.
·                     Menggunakan kabel fiber optik.
·                     Memilki kecepatan 100 Mbps.
·                     Dapat menghubungkan 500 terminal dengan jarak maksimum 2 km.
Kerugian dari FDDI :

·                     Biaya cukup mahal.
·                     Boros dalam menggunkan kabel.

5. ATM (Asynchronous Transfer Mode )
ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) yaitu sebuah jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentransmisikan data kedalam satu paket, sedangkan yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang dengan menggunakan kabel fiber optik ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . ATM juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.
ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) 
Keuntungan dari ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) :

·                     Kecepatannya sampai 155Mbps atau lebih.
·                     Dapat didukung variasi media.
·                     Menggunakan kabel fiber optik.
·                     Dapat dipakai oleh Internet Service Providers (ISP).

Kerugian dari ATM ( Asynchronous Transfer Mode ) :

·                     Boros dalam menggunakan kabel.
·                     Mahal

3. Protokol ARP

ARP ( Address Resolution Protocol ) Adalah Sebuah Protokol yang bertanggung jawab mencari tahu Mac Address atau alamat hardware dari suatu Host yang tergabung ke dalam sebuah Jaringan LAN dengan memanfaatkan atau berdasarkan IP Address yang dituju pada Host yang bersangkutan .

Cara Kerja ARP :
1. Suatu Host dengan IP Address A mengirim paket ke Host dengan IP Address B Pada jaringan local . Host pengirim memeriksa dulu ARP cachenya adakah MAC Address untuk host dengan IP Address B .
2. Jika Tidak ada , ARP akan mengirimkan paket ke alamat Broadcast ( Sehingga seluruh anggota Jaringan Local / LAN Mendengarnya ) . Paket ini berisi pertanyaan : “ Siapakah Pemilik IP Address B dan Berapakah MAC Addressnya ? “ . Dalam Paket ini juga disertakan IP Address A beserta MAC Address nya .
3. Setiap host di jaringan Local / LAN menerima request tersebut dan memeriksa IP Address masing masing . Jika ia merasa paket tersebut bukan untuknya , dia tidak akan menjawab pertanyaan tersebut .
4. Host dengan IP Address B yang mendengar request tersebut akan mengirimkan IP Address beserta MAC Addressnya ke Host Penanya .


Dalam OSI Layer , ARP ini berjalan pada Lapisan 2 dan 3 . 

0 Response to "PING , Topologi Jaringan , ARP"

Posting Komentar